
PROPOSAL PROGRAM
KREATIVITAS MAHASISWA
SABUN SUSU
BERUANG (BEAR BRAND) UNTUK MELEMBABKAN DAN MENCERAHKAN KULIT
BIDANG KEGIATAN:
PKM –
KEWIRAUSAHAAN
Diusulkan oleh:
Revilda Rindu
Diokinansih 17011073
Risqika Ananda
17011054
SEKOLAH TINGGI KESEHATAN
HANGTUAH PEKANBARU
PEKANBARU
2019
DAFTAR ISI
PENGESAHAN
PROPOSAL PKM – KEWIRAUSAHAAN.............................. ii
DAFTAR
ISI..........................................................................................................
iii
DAFTAR
TABEL .................................................................................................
iv
DAFTAR
GAMBAR.............................................................................................
iv
RINGKASAN
.......................................................................................................
v
BAB
1. PENDAHULUAN ..................................................................................
1
1.1
Latar Belakang ................................................................................................
1
1.2
Rumusan Masalah
...........................................................................................
2
1.3 Tujuan
Kegiatan..............................................................................................
2
1.4
Luaran yang Diharapkan
.................................................................................
2
1.5
Manfaat
Kegiatan............................................................................................
2
BAB
2. GAMBARAN UMUM RENCANA USAHA ...................................... 3
2.1
Gambaran Umum ………….................................................................;.........
3
2.2
Analisis SWOT…….......................................................................................
4
2.3
STP (Segmentation, Targetting, Positioning)
................................................ 5
2.4
Bauran Pemasaran .........................................................................................
5
BAB
3. METODE PELAKSANAAN ...............................................................
7
3.1
Penyediaan Bahan dan
Alat...........................................................................
7
3.2
Prosedur Standar Kerja..................................................................................
7
3.3 Pembuatan
Produk........................................................................................
7
3.4
Pengembangan Bisnis....................................................................................
8
3.5
Keberlanjutan
Bisnis.....................................................................................
8
BAB
4. BIAYA DAN JADWAL KEGIATAN................................................. 9
4.1
Anggaran Biaya ............................................................................................
9
4.2
Jadwal Kegiatan
...........................................................................................
9
DAFTAR
PUSTAKA..........................................................................................
10
LAMPIRAN ........................................................................................................
11
Lampiran
1. Biodata Ketua dan Anggota dan Dosen Pembimbing ....................
Lampiran
2. Justifikasi Anggaran Kegiatan .........................................................
16
Lampiran
3. Susunan Organisasi Tim Peneliti dan Pembagian Tugas ................. 21
Lampiran
4. Perhitungan Kelayakan Usaha
.......................................................... 22
Lampiran
5. Surat Pernyataan Ketua Kegiatan
..................................................... 22
RINGKASAN
Susu Beruang
mengandung banyak protein , vitamin dan lemak sehingga baik untuk pertumbuhnan
dan menjaga kesehatan. Kandungan yang terdapat dalam susu Beruang diantaranya
yaitu vitamin A, B1, B2, B6, B12, C, D, mineral, Kalori.
Kenapa susu beruang mengandung banyak kandungan seperti diatas,
dan apa bedanya dengan susu lainnya. Memang susu beruang disini secara logo
tampilannya adalah beruang, walaupun iklannya ada naga yang terbang. Perlu
diketahui bahwa susu Bear Brand ini adalah susu sapi. Yang
menjadi pembeda adalah susu sapi disini melewati proses sterilisasi yang murni.
Proses Sterilisasi Susu
Sterilisasi susu, dilakukan dengan cara memanaskan susu
sampai di atas titik didih. Yang pada akhirnya menyebabkan bakteri maupun kuman
dan sporanya mati. Sterilisasi, memerlukan peralatan khusus dan biaya yang
relatif mahal. Maka dari itu, sterilasisi susu seperti ini cukup umum dilakukan
oleh Industri Pengolahan Susu (IPS). Salah satunya yang dilakukan oleh
Perusahaan Nestle.
Cara untuk
mensterilisasi susu, yaitu :
Sistem UHT (Ultra High Temperature), dengan
cara susu dipanaskan hingga suhu 137°-140°C selama 2-5 detik.
Susu di dalam kemasan hermetis dipanaskan pada
suhu 110°-121°C selama 20-45 detik.
Dengan proses seperti
itu, menyebabkan kandungan vitamin yang larut air sebagian akan hilang, namun
riboflavin dan kasein merupakan vitamin dan protein yang tahan terhadap suhu
pemanasan. Memang proses ini membuat jenis bakteri dan beberapa vitamin telah
mati. Jadi, perlu diketahui ketika kemasan susu ini dibuka, segeralah habiskan
minuman susu ini. Karena susu ini tidak dapat bertahan lama..
Jenis-jenis Susu
Beruang
SUSU BEAR BRAND atau
lebih dikenal susu beruang disini ada 3 macam jenisnya, diantaranya
1.
Bear
Brand. Bear brand, 100% susu
murni berkualitas tinggi tanpa penambahan bahan pengawet, sudah melewati proses
sterilisasi dan dapat langsung dikonsumsi tubuh. Banyak mengandung seluruh
kebaikan susu dan nutrisi serta tidak mengandung gula
2.
Bear
Brand Gold white tea. dengan kandungan teh putih , yang berasal dari daun teh pilihan
memiliki kadar antioksidan lebih tinggi dari pemrosesannya. Dan dilengkapi
dengan vitamin A, C, dan E .
3.
Bear
brand gold white Malt. Susu beruang jenis ini memiliki kandungan malt yang dijadikan
sebagai sumber energi dan dilengkapi dengan vitamin B1, B2, B6, B12 .
Informasi Nilai Gizi :
INFORMASI NILAI GIZI
|
JUMLAH PER
SAJIAN %AKG*
|
JUMLAH PER
SAJIAN %AKG*
|
Takaran Saji 1
Kaleng (140 ml)
Jumlah sajian per
kemasan : 1
Energi total 120
kkal
Energi dari lemak 15
kkal
|
Lemak total
1,5g
2%
|
Vitamin
A
25%
|
Lemak jenuh
1g
6%
|
Vitamin
D
10%
|
|
Lemak trans 0g
|
Vitamin
E
15%
|
|
Kolesterol
5mg 2%
|
Vitamin
B1
30%
|
|
Protein 3g
6%
|
Vitamin
B2
30%
|
|
Vitamin
B6
30%
|
||
Karbohidrat Total23g
8%
|
Vitamin B12
15%
|
|
Gula
Total
6g
|
Vitamin
C
15%
|
|
Gula (Sukrosa) 1g
|
Kalsium
20%
|
|
Natrium 50mg
2%
|
||
*Persen AKG berdasarkan kebutuhan energi 2000 kkal.
Kebutuhan energi Anda mungkin lebih tinggi atau lebih rendah
|
Untuk kandungan vitamin dan kalsium, tidak ada
keterangan jumlah per sajian secara jelas pada kemasan.
hanya dituliskan
menggunakan persen AKG, seperti keterangan yang tertulis dalam tabel diatas,
yaitu
Vitamin A hanya
tertulis 25% AKG berdasarkan kebutuhan energi 2000 kkal.
Vitamin D hanya
tertulis 10% AKG berdasarkan kebutuhan energi 2000 kkal
Vitamin E hanya
tertulis 15% AKG berdasarkan kebutuhan energi 2000 kkal.
Vitamin B1 hanya
tertulis 30% AKG berdasarkan kebutuhan energi 2000 kkal.
Vitamin B2 hanya
tertulis 30% AKG berdasarkan kebutuhan energi 2000 kkal.
Vitamin B6 hanya tertulis 30% AKG berdasarkan
kebutuhan energi 2000 kkal.
Vitamin B12 hanya tertulis 15% AKG berdasarkan
kebutuhan energi 2000 kkal.
Vitamin C hanya
tertulis 15% AKG berdasarkan kebutuhan energi 2000 kkal.
Kalsium hanya tertulis
20% AKG berdasarkan kebutuhan energi 2000 kkal.
Jadi, konsumsi 1 kaleng Nestlé Bear
Brand Gold dengan Sari Malt Putih (White Malt) isi 140 ml bagi orang dengan
kebutuhan energi harian 2000 kkal, dapat memberikan asupan energi sebanyak 120
kkal dengan persentase asupan karbohidrat total sebanyak 8%, protein sebanyak
6% dan lemak sebanyak 2% dari total kebutuhan gizi harian.
BAB 1
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
75℅ perempuan Indonesia percaya kulit putih
lebih penting daripada kulit cerah. Tapi, hingga kini masih banyak perempuan
yang menggunakan produk pemutih wajah. “Hal itu disebabkan karena kulit
putih menjadi standar kecantikan di Indonesia. Yang mana, banyak perempuan yang
merasakan adanya tekanan untuk mengubah warna kulitnya untuk mendapatkan kulit
ideal, yaitu berwarna putih.
Padahal kondisi kulit remaja yang masih halus
dan lembut, dianjurkan untuk menggunakan produk perawatan kulit seperti sabun
yang dibuat khusus bagi kulit. Yang mana dilengkapi dengan bahan alami untuk
membersihkan kotoran, debu dan minyak berlebih penyebab kulit kusam sekaligus
melembabkan sehingga mampu memancarkan kulit yang cerah alami.
Manfaat lain dari memakai sabun membersihkan tubuh dari debu, kotoran, keringat,
bakteri, dan lain-lain. aktifitas kita setiap hari menyebabkan kuman-kuman itu
menempel pada tubuh. Belum lagi kotoran dari debu dan polusi di udara.
Kami memilih judul ini karena didasarkan oleh produk kami yang berbeda dari
produk-produk sabun lainnya. Sabun Bear Brand yaitu sabun inovatif yang
beraroma susu dan memiliki khasiat, Susu beruang
terbuat dari susu sapi murni, sehingga tentunya juga kaya nutrisi seperti susu
pada umumnya. Susu beruang memiliki kandungan vitamin A, C, D, B2, B6, dan juga
vitamin B12. Susu beruang juga memilki kandungan mineral seperti magnesium,
kalsium, dan selenium. Hal ini lah yang membuat susu beruang dipercaya memiliki
banyak sekali manfaat untuk kesehatan.
Masyarakat
biasanya memanfaatkan sabun ini untuk menghaluskan kulit. Penggunaan susu beruang secara rutin pada kulit
dapat membantu memperbaiki tekstur kulit dan membuatnya menjadi lebih halus.
Manfaat yang satu ini didapatkan karena susu beruang memang memiliki kandungan
nutrisi yang dapat membantu proses regenerasi kulit, Melambapkan kulit juga
merupakan salah satu manfaat dari susu beruang.
1.2 Rumusan Masalah
Rumusan masalah yang akan dibahas adalah
:
1. Bagaimana memproduksi susu beruang
(bear brand) supaya layak dipasarkan ?
2. Bagaimana cara melembabkan dan mencerahkan
kulit ?
1.3 Tujuan Kegiatan
Penelitian ini diharapkan dapat
memberikan manfaat antara lain dapat memberikan alternatif sabun dari susu
beruang (bear brand) yang aman, murah, dan mudah dibuat. Memberikan alternatif
peman‐faatan susu beruang (bear brand)
sehingga dapat meningkatkan nilai ekonomisnya.
1.4 Luaran yang Diharapkan
Keluaran yang kami harapkan dari Program
Kreatifitas Mahasiwa dalam bidang Kewirausahaan ini adalah :
1. Menghasilkan sabun yang berasal dari susu
beruang (bear brand) yang melindungi dapat mencerahkan kulit
2. Produk sabun ini selain memberikan
aroma susu yang alami dapat merefleksikan anggota tubuh, dapat juga
mengurangi bau badan.
1.5 Manfaat Kegiatan
Kegunaan program kreatifitas mahasiswa dalam
bidang kewiusahaan kami adalah :
1. Meningkatkan pengembangan daya
kreatifitas mahasiswa
2. Membuka peluang usaha baru
3. Mengurangi dampak dari bau badan yang
tidak sedap
4. Meningkatkan produktivitas kerja dan
menjadikan suasana yang nyaman
5. Melatih kerjasama tim dalam membuat
dan mengelola sebuah usaha
BAB 2
GAMBARAN UMUM RENCANA USAHA
2.1 Gambaran Umum
Manfaat susu beruang untuk kesehatan adalah seperti
meningkatkan sistem imun, mengeluarkan racun dalam tubuh, mencegah
osteoporosis, melancarkan aliran darah, mengontrol kadar kolesterol, hingga
menjaga fungsi otak. Selain kandungan vitamin dan mineral dalam susu beruang,
terdapat juga asam laktat yang berasal dari AHA dalam susu beruang.
Perlu diketahui bahwa
AHA atau Alpha Hydroxy Acid merupakan salah satu senyawa yang
terdapat dalam berbagai produk kecantikan. AHA relatif aman untuk segala jenis
kulit dan memiliki fungsi utama sebagai eksfoliator. Berkat kandungan AHA,
multivitamin, dan mineral di dalamnya ini, susu beruang pun banyak dimanfaatkan
untuk kecantikan.
Kandungan AHA serta vitamin dalam susu beruang
dapat membantu menghidrasi kulit. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya juga
bahwa susu beruang aman untuk digunakan untuk semua jenis kulit. Pemilik kulit
kering dapat mencoba susu beruang untuk mendpatkan kulit yang lebih lembap,
Mencerahkan atau bahkan memutihkan kuliy adalah manfaat susu beruang untuk kulit
yang paling populer. AHA bekerja sebagai eksfoliator yang membantu mengangkat
sel kulit mati. Sedangkan kandungan vitamin dan mineral bekerja untuk menutrisi
kulit. Penggunaan susu beruang secara rutin dipercaya dapat membuat kulit lebih
cerah dan menghilangkan belang sehingga warna kulit pun jadi lebih merata.
2.2 Analisis SWOT
Adapun analisis
SWOT dalam usaha yang kami buat, diantaranya sebagai berikut :
1. Strenghts
(kekeuatan)
a. Menawarkan sabun
susu beruang (bear brand) yang memiliki aroma susu dan memberikan kenyamanan
sekaligus berperan untuk mencerahkan kulit.
b. Menciptakan kulit
yang segar dan bersih
c. Terbuat dari
bahan alami yang ramah lingkungan
d. Harga yang
sesuai
e. Strategi
promosi yang menarik
2. Weakness
(kelemahan)
Produk yang
dihasilkan bukan kebutuhan primer
3. Opportunity
(peluang)
a. Kesempatan
untuk mengembangkan usaha sangat baik karena sabun susu beruang (bear brand)
sangat populer di masyarakat
b. Adanya pengguna susu beruang (bear brand)
yang sangat banyak
4. Threath
(hambatan)
a. Adanya produk
sejenis yang telah dikenal masyakat
b. produk yang
kami buat mudah ditiru
2.3 STP (Segmentation, Targetting, Positioning)
1. Segmentasi
pasar dari produk “sabun susu beruang (bear brand)” adalah semua kalangan
masyarakat.
2. Target produk
“sabun susu beruang (bear brand” ini adalah masyarakat umum dan masyarakat yang
tinggal di kawasan RIAU secara khusus (untuk jangka pendek).
3. Positioning
produk “sabun susu beruang (bear brand” sebagai sabun yang menyegarkan, ramah
lingkungan, dengan harga yang sesuai, dan sebagai pelindung dari gigitan
nyamuk.
2.4 Bauran Pemasaran
1. Product
Produk ini merupakan pengembangan dari sabun
yang sudah ada di pasaran. Keunggulan yang dimiliki produk ini adalah pada
fungsinya yang bukan hanya berperan sebagai pembersih badan dan kumah , namun
juga berperan untuk melembabkan kulit dan mencerahkan kulit.
Berikut
adalah bentuk kemasan Sabun Susu Beruang (Bear Brand)
:

2. Price
Produk
Sabun Susu Beruang (Bear Brand) dijual
di pasaran dengan harga Rp 8.000,- per kemasannya. Dengan harga yang sesuai,
masyarakat menengah ke bawah dapat membeli Sabun Susu Beruang (Bear Brand) yang
sangat bermanfaat bagi kulit karena berperan untuk melembabkan kulit dan
mencerahkan kulit.. Penjualan dengan harga Rp 8.000,-, produsen mendapat
keuntungan sebesar 50%.
3.Place
Distribusi
pemasaran “Sabun Susu Beruang (Bear Brand)” akan mencapai RIAU keyakinan ini
karena kami akan menjualnya di minimarket sekitar dan melakukan promosi
besar-besaran melalui media sosial dan bekerjasama dengan account-account
penjual produk kecantikan sehingga akan cepat menjangkau seluruh Indonesia dan
lebih efektif. Jangka panjang dari usaha ini dalam kisaran 1 tahun mencapai
pulau Sumatera dan dalam tahun ke 3 sudah mencapai seluruh Indonesia.
4.Promotion
Promosi
dilakukan melalui berbagai media seperti jejaring sosial facebook, twitter,
instagram, line, toko belanja online kegiatan bazzar, serta melalui media cetak
berupa poster, brosur, majalah ide bisnis, serta koran Riau maupun koran
nasional.
BAB 3
METODE PELAKSANAAN
3.1 Penyediaan Bahan dan Alat
Dalam
pembuatan Sabun Susu Beruang (Bear Brand) yaitu sabun yang berasal dari susu
beruang diperlukan beberapa bahan yaitu susu beruang (bear brand), sabun batang
sinzui, pewangi coklat, serta kemasan berupa tempat sabun. Dengan peralatan yang dibutuhkan berupa parutan,
baskom, talenan, centong, panci.
3.2 Prosedur Standar Kerja
Jumlah
anggota yang dipekerjakan ada dua (2) orang dengan spesifikasi satu (1) orang
mempersiapkan alat dan bahan dan proses pembuatan Sabun Susu Beruang (Bear
Brand) ,serta satu (1) orang untuk proses pengemasan. Anggota yang membuat
produk Sabun Susu Beruang (Bear Brand) ini wajib sehat jasmani dan rohani,
memenuhi standar kerja, seperti menggunakan penutup kepala, menggunakan masker,
mengenakan pakaian tertutup, mencuci tangan dengan sabun. Semua proses dari
mulai persiapan bahan dan alat hingga pengemasan menggunakan Prosedur
Operasional Baku (POB) sehingga memenuhi keamanan, keselamatan dan kesehatan
(K3).
3.3
Pembuatan Produk
Sabun
Susu Beruang (Bear Brand) dibuat dengan
langkah-langkah sebagai berikut:
![]() |
|||||||||||||
![]() |
![]() |
||||||||||||
![]() |
|||||||||||||
![]() |
|||||||||||||
![]() |
|||||||||||||
![]() |
|||||||||||||
![]() |
|||||||||||||
![]() |
|||||||||||||
![]() |
|||||||||||||
3.4
Pengembangan Bisnis
Pengembangan bisnis yang akan dilakukan adalah menproduksi Sabun Susu
Beruang (Bear Brand) alami dalam bentuk yang lebih
menarik dan lebih variatif, meningkatkan produksi, memaksimalkan pemasaran
keseluruh Indonesia, mengikut sertakan produk dalam berbagai event atau
pameran wirausaha muda, mengembangkan produk sesuai dengan segmen pasar.
3.5
Keberlanjutan Bisnis
Bisnis
Sabun Susu Beruang (Bear Brand) akan terus berlanjut seiring dengan kebutuhan
konsumen untuk mendapatkan kulit yang indah segar dan selalu wangi, sehingga
target panjang usaha ini adalah terciptanya suasana yang nyaman serta jangka
pendek adalah pemasaran di RIAU serta pemanfaatan media social untuk luar RIAU.
Bisnis ini merupakan salah satu upaya untuk mendatangkan profit dan
meningkatkan pertumbuhan ekonomi karena memanfaatkan sumber daya alam secara
maksimal.
BAB
4
BIAYA
DAN JADWAL KEGIATAN
4.1
Anggaran Biaya
Tabel
4.1 Rancangan Biaya
NO
|
Jenis Pengeluaran
|
Biaya (RP)
|
1.
|
Biaya Habis Pakai
|
Rp. 2.300.000
|
2.
|
Biaya Perjalanan
|
Rp. 700.000
|
3.
|
Biaya Habis Lain
|
Rp. 2.500.000
|
TOTAL BIAYA
|
|
Rp. 5.000.000
|
4.2 Jadwal Kegiatan
Tabel 4.2 Jadwa Kegiatan Pelaksanaan Usaha
|
|
Waktu Pelaksanaan (Bulan ke -)
|
|||||||||||||||
No
|
Kegiatan
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||||||||||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1
|
Pembelian
alat dan bahan
|
√
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Produksi
|
|
√
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Promosi
|
|
|
|
|
√
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
Pemasaran
|
|
|
|
|
|
|
√
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
Penyusunan
laporan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
√
|
√
|
√
|
|
|
|
|
|
6
|
Penyerahan
laporan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
0 Komentar